Pelaku Pencurian Uang Tunai 150 Juta diamankan Sat Reskrim Polres Luwu Utara

Tribratanewspolresluwuutara.com – Sat reskrim Polres Luwu Utara bekerja sama dengan Timsus Polda Sulsel berhasil mengungkap kasus pencurian yang menimpa Ahmad Shawal,  pada 27 Agustus 2019. Satu pelaku berhasil dibekuk dan dua lainnya masih buron. Sebelumnya kawanan pencuri Lintas Provinsi asal Makassar ini menggondol uang tunai Rp150 juta milik korban, yang baru saja mengambilnya dari bank di depan Show Room Dealer Honda Masamba

“Semuanya ada Tiga pelaku, tetapi baru Satu yang berhasil ditangkap dan dua masih DPO,” kata Kapolres Luwu Utara AKBP Boy F.S Samola , S.IK , M.H, di Mapolres Luwu Utara, Selasa (10/9/2019).

Satu pelaku yang diamankan ialah WN (26) yang merupakan warga Jalan Gontang raya, tanjung merdeka, kota Makassar. Dua tersangka lain KN dan RO dinyatakan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Kita amankan Pelaku di Makassar,” ucapnya.

Penangkapan dilakukan mendasarkan dari hasil penyelidikan yang dilakukan petugas Satreskrim. Berbekal informasi, rekaman CCTV dan beberapa alat bukti lain, mengarah kepada keterlibatan para pelaku. Petugas yang memburu para pelaku cukup kesulitan karena mereka kabur ke tempat asal mereka di Makasar.

Saat itulah petugas langsung melakukan penangkapan bekerjasama dengan Polda Sulsel. Setidaknya ada Satu orang yang diamankan.

“Ada dua yang menjadi DPO,” tutur Kapolres.

Dalam aksinya, para tersangka ini berbagi peran. Tersangka WN sebagai sebagai Joki,

Sementara dua tersangka lain yang menjadi DPO adalah KN Sebagai  Eksekutor dan RO sebagai sebagai pemberi informasi atau pengintai yang menentukan korban dengan masuk ke Bank BRI cabang Masamba.

Para tersangka akan dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana Lima tahun penjara. Selain mengamakan Satu tersangka, petugas juga menyita barang bukti berupa Tiga Unit Handphone , Satu Buah Dompet , satu Buah Kartu ATM Bank Mandiri , satu Buah Buku rekening Bank Mandiri dan Satu Unit Kipas Angin yang di beli Oleh Pelaku WN.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Luwu Utara Iptu Samsul Rijal , S.H mengatakan sampai saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan secara intensif. Dari pengakuan sementara, WN Resedivis dan spesialis kasus pencurian dengan modus sasaran nasabah bank lintas provinsi. Namun, polisi masih terus melakukan pemeriksaan secara intensif.

“WN itu residivis dalam kasus pencurian dan baru keluar dari Lapas Polman di Propinsi Sulawesi Barat pada bulan April 2019,” ucapnya.

Aksi pencurian ini dilakukan para tersangka, dengan sasaran Ahmad Syawal seorang Pengusaha Bengkel motor usai mengambil uang di bank BRI Masamba sebanyak Rp 150 juta. Saat korban menuju Dealer Honda Masamba , Pelaku membuntuti korban.

Setelah korban lengah, tersangka bersama dengan satu orang temannya langsung melakukan aksinya dan langsung kabur.

Sementara kedua pelaku lainnya masih dalam pengejaran dan identitas kedua pelaku juga sudah diketahui. “Bagi kedua pelaku lainnya, diminta untuk segera menyerahkan diri, karena kita akan kita kejar sampai ketemu,” tegas AKBP Boy.

Related Posts